Ai Curious

Era teknologi semakin mendekat. Mulai dari pengembangan sistem, analisis sistem, sampai dengan pembaharuan sistem. Mulai dari transaksi sampai dengan curhatan hati. Semuanya mudah diraih dalam waktu singkat, dan cukup melalui teknologi yang ada dalam genggaman.  Menurut data reportal 2023, bahwa jumlah pengguna perangkat di Indonesia hampir 1,5x lebih besar daripada jumlah penduduk yang berjumlah 274 juta orang. Dengan kata lain, bahwa 1 orang penduduk yang ada akan memiliki perangkat teknologi lebih dari 1 buah. Bukan main.

Disisi yang lain, kebutuhan akan informasi yang akan diraih dan dibagikan serta keamanan dalam berteknologi, membuat pengguna berusaha untuk meraih itu semua secara maksimal. 

Terkait dengan hal diatas, mau tidak mau, suka atau tidak suka, semua harus dijalani dan diterima. Mungkin bagi sebagian orang akan menganggap suatu kemajuan dan modernisasi, namun ada pula yang sebagian tidak menganggap bukan suatu kemajuan dan modernisasi. 

Disisi yang lain, informasi yang tersebar dalam dunia digital melalui media film, sosial dan sebagainya semakin menunjukkan bahwa era teknologi suatu keharusan yang tidak dapat dipungkiri oleh apapun dan siapapun.

Perlu bagi kita juga menyadari bahwa dibalik kemajuan teknologi, yang ada, perlu juga untuk memperhatikan sisi lain yang perlu dipertimbangkan, seperti ketergantungan akan teknologi, radiasi dan efek kesehatan kepada diri.   

Namun apapun dan bagaimanapun, perlu bagi semua untuk menggaris bawahi bahwa teknologi memang sangat diperlukan untuk saat ini dan dimasa datang, namun bukan berarti bahwa semua selalu tergantung kepadanya. Alangkah baiknya, teknologi hanya dijadikan alat pendukung saja dan tidak sepenuhnya tergantung padanya. 


- Be Aware -       

Comments

Popular posts from this blog

Alumnus.....

My Old Blog